azzz

Minggu, 28 April 2013

Biografi Wilhelm Jordan

Wilhelm Jordan (1 Maret 1842, Ellwangen, Württemberg - 17 April 1899, Hanover) adalah geodesist Jerman yang melakukan survei di Jerman dan Afrika dan mendirikan jurnal geodesi Jerman.

Jordan lahir di Ellwangen, sebuah kota kecil di selatan Jerman. Ia belajar di institut politeknik di Stuttgart dan setelah bekerja selama dua tahun sebagai asisten teknik pada tahap-tahap awal pembangunan kereta api ia kembali ke sana sebagai asisten di geodesi. Pada tahun 1868, saat ia berusia 26 tahun, ia diangkat penuh profesor di Karlsruhe. Pada tahun 1874 Yordania mengambil bagian dalam ekspedisi Friedrich Gerhard Rohlfs ke Libya. Dari tahun 1881 sampai kematiannya ia adalah profesor geodesi dan praktis geometri di Universitas Teknik Hanover. Dia adalah seorang penulis yang produktif dan kerja terkenal adalah miliknya Handbuch der Vermessungskunde (Textbook of Geodesi.)

Dia dikenang antara matematika untuk algoritma eliminasi Gauss-Jordan, dengan Yordania meningkatkan stabilitas algoritma sehingga dapat diterapkan untuk meminimalkan kuadrat kesalahan dalam penjumlahan dari serangkaian survei pengamatan. Teknik ini aljabar muncul dalam edisi ketiga (1888) Buku Ajar tentang Geodesi.

Wilhelm Jordan tidak menjadi bingung dengan matematika Camille Jordan (Teorema melengkung Jordan), atau dengan fisikawan Jerman Pascual Jordan (Yordania algebras).
ref :
http://en.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_Jordan_%28geodesist%29


Tidak ada komentar:

Posting Komentar